Langsung ke konten utama

Pentingnya Adanya Role Model kehidupan



Sebelumnya mengapa sih kita harus punya role model kehidupan? Memang seberapa pengaruhnya sama kita? Bukannya tetap sama aja.

Awalnya aku pun sama bertanya-tanya sama diri sendiri kenapa sih harus ada role model kehidupan. Ternyata setelah menemukan role model kehidupan yang baik, yang terutama dan paling utama adalah baik dalam segi agama, dia yang beragama Islam dan sangat berpengaruh pada perkembangan Islam dan memperjuangkan Islam. Itu baru namanya role model kehidupan sesungguhnya.

Maaf sebelumnya, jika role model kita atau kita mengagumi orang. Yang dikagumi adalah orang kafir, yang dikagumi tidak membawa dampak baik dalam Islam, yang dikagumi malah membuat kita bermaksiat, jika mengaguminya karena paras tampannya atau cantik rupawannya saja. Dan hidup menjadi lalai dan boros.

Lalu dimana letak role model kehidupan sesungguhnya?. Dan sebenarnya arti dari role model ialah seseorang yang pantas untuk kita jadikan teladan karena memiliki prestasi yang melimpah, lalu ia memiliki perilaku baik yang bisa memberi contoh sikap positif untuk kemaslahatan orang banyak.

Kata "Teladan", berarti yang patut untuk di tiru, ditiru perbuatannya, sifatnya, perjalanan hidupnya. Jadi untuk kita muslimah, lebih berhati-hati kembali, siapakah yang menjadi role model kita sejauh ini. Membawa dampak baik untuk diri atau tidak. 
Jika jawabannya adalah "Tidak", muslimah harus bergegas meninggalkannya.

Kalau ditanya berat, pasti temen-temen menjawab " Iya", namun perlu diingat mau sampai kapan kalian tenggelam dalam hayalan yang semu. Berangan-angan ingin seperti dia yang kaya gitu gaya hidupnya. Atau ingin menjadi pendamping hidupnya karena sekedar ketampanan.

Muslimah mengapa aku mengangkat pembahasan ini? Karena sepertinya yang ku lihat wanita, tidak sedikit yang suka dengan artis luar atau dalam negri dengan berlebihan. Maaf temen-temen, kita pernah menyaksikan mungkin di sosial media, ada yang rela tubuhnya dipeluk, padahal mereka bukan mahrom kita.

Bertekad yuk mulai saat ini, singkirkan hal-hal yang membuatmu semakin terlena dunia. Iya betul memang kita butuh hiburan, tapi tetap pilah-pilah hiburan apa yang diperbolehkan, tanpa melanggar syariat.

Coba cek kembali, apa-apa aja yang kita follow, jika berkaitan dengan role model yang membawa kita hanya kemaksiatan, segeralah unfollow, lalu ganti dengan akun dakwah, role model yang memperjuangkan Islam, menbarkan kebaikan. Kikislah sampai tak terlihat jejak.

Ingat pembahasan di bab sebelumnya, paksakan, lagi dan lagi paksakan. Kita akan menyesal jika tidak melakukan kebaikan apapun. Akan menyesal kelak, kenapa aku memilihnya menjadi role model. Kelak di akhirat akan bersama dengan orang yang dicintai.

Bagaimana kalau bertemu dengan role model selama di dunia yang membawa kita kemaksiatan. Apakah mereka bisa menolong kita kelak. Ohh tentu tidakk, mengurus diri mereka saja kualahan kelak, bagaimana dirimu.

Dan hal indah yang harus kita ingat, kalau role model kehidupan kita adalah rasulullah Shallahu alaihi wa sallam, kita akan mendapatkan syafaat kelak. 

Lalu muslimah. Kita pasti ingat dengan ibunda  Khodijah, Aisyah, Fatimah, Asiyah, Maram dan masih banyak lagi, wanita mulia, yang sepatutnya menjadi teladan atau role model kehidupan sesungguhnya.

Dari bunda khodijah kita belajar, menjadi wanita yang taat pada Allah, suami, kita belajar menjadi mulimah yang cerdas, muslimah yang jujur, muslimah yang menjaga kehormatan, menjadi muslimah yang tidak mengeluh, menjadi muslimah yang lemah lembut tidak pernah berteriak atau berkata kasar, dan bunda khadijah yang menemani Rasulullah, saat dimana Rasulullah merasa sedih. Khadijah selalu menemani. Dan menjadi muslimah yang menjaga kehormatannya.

Begitupun juga dengan bunda Aisyah, bunda fatimah, bunda maryam yang dengan sabarnya dalam menghadapi cacian orang, dan yakin bahwa Allah akan menolongnya. Lalu bunda asiyah yang dengan sabarnya menerima suaminya yang angkuh, yang mengaku menjadi tuhan yaitu firaun, bunda menerima siksaan firaun karena memperjuangankan nama Allah, lalu Allah hadiahkan asiyah rumah di surga. Tidak ada rasa takutpun pada firaun, mereka menerima siksaan firaun dengan sabar dan tetap tenang, bahwa Allah pasti akan menolongnya.

Banyak sekali kisah teladan yang bisa kita jadikan ghiroh untuk menjalani kehidupan ini. Lalu, memang seberapa pengaruhnya role model untuk diri kita?

Pengaruh banget. Jika kita ingin menjadi muslimah sholiha, kita harus jadikan wanita mulia seperti wanita mulia pada masa Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam. Jejak kehidupan mereka yang sangat luar biasa masyallah.

Untuk role model lainnya, semisalnya kita ingin berpendidikan tinggi, entah itu kuliah di kuar negeri atau didalam negeri. Kita bisa lihat role model kita yang memiliki perjalanan pendidikan tinggi di luar atau di dalam negeri.
Kita cari tau bagaimana dia dalam proses belajarnya, bagaimana mereka mengatur waktu. Kita cari tau, jika itu baik untuk kita, maka jangan ragu untuk menteladaninya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hanya Kata

Detik-detik hitungan hari Hingga berubah menjadi bulan Perlahan-lahan mengubahnya menjadi tahun Semasa itu telah kita jalani Bahkan menciptakan suasana yang mengikat Yang membuat kita rindu Dan hingga ku percaya Dengan adanya datang lalu berpisah Tidak.... Ini bukan sebuah kata berpisah Mungkin singkatnya Hanya waktu yang berubah saja Ya tentu.... Kita meranjak menuju mimpi-mimpi Yang dulu hanya sebuah angan yang terperangkap Sampai akhirnya Kita mampu menjemput impian Yang dulu hanya angan semata Kini ku harap Kita dapat menciptakan susana hangat  Seperti hari-hari lalu Semoga sang maha pencipta Selalu ada di setiap langkah mu Pesan ku sederhana Jangan buat mimpi mu Yang telah kau capai Menjadikan mu buta akan dunia Tetaplah menjadi seseorang kawan yang ku kenal dulu...

WANITA

     Assalamualaikum guys, duhh lama banget syifa ga nulis yahhh , karena memang tugas tugass yang  harus di selesaikan hehehe, dan Alhamdulillah syifa masih bisa nulis lagiii, yeayyyyyy kali ini syifa bakal share sedikit, apa yang syifa dapatkan, yaitu tentang wanita.     seperti kita ketahui ya guys, wanita itu pada dasarnya bersifat sangat lembutt sekaliii, maka dari itu wanita adalah madrasah bagi anak - anakkkk, ya tidakk?? iyaa pastii yahh. Dahulu kaum wanita dipandang hina dan kedudukannya direndahkan muncullah Islam mengembalikan dan meletakkan kedudukan wanita pada tempatnya. Dalam  Al-Quran kedudukan wanita diakui dan dihormati. Masyallah yah betapa wanita sangat di jaga dalam islam, dari mulai menjaga auratnya, tutur katanya, sikapnya sangat di jaga sekalii untuk wanita. Wanita harus merendahkan suaranya dan berkata baik, Allah Berfirman: "Janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginan orang yang didalam hatinya ada penyakit,dan ucapkanlah perkat

Muslimah Janganlah Mengeluh

Di pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas kekuatan kesabaran. Pembahasan kali ini ialah muslimah janganlah mengeluh. Pernah tidak, kita merasa saat mengeluh perasaan hati kita tenang, pernah tidak, kita merasa saat mengeluh tidak menyelesaikan masalah yang ada. Kita manusia pasti pernah mengeluh, mengeluhkan keadaan yang sebenernya sudah lelah. Mengeluh datang dari di fikiran kita yang negatif. Lalu mengapa kita tidak boleh mengeluh, jika memang manusia sering sekali mengeluh? Kita memiliki ujian yang berbeda, mengeluh pasti ada, namun, kita tepis lagi dengan tanamkan dalam hati, bahwa Allah selalu ada untuk kita, tidak akan meninggalkan kita sendirian. Dan Allah sesuai dengan prasangka hambanya. Jika kita negatif, keadaan pun negatif, namun jika kita berfikir positif keadaan pun menjadi positif. Mengeluh juga bukan hanya kita di timpa musibah atau ujian. Mengeluh bisa hadir juga kerana merasa tidak percaya diri. Seperti “ Ko muka jerawatan terus  yah, jadi jelek gini”, “Enak bange